Rabu, 05 Mei 2021

LAPORAN SURVEI INVENTARISASI RUAS DAN SIMPANG

 

SURVEY INVENTARISASI

SIMPANG DAN RUAS JALAN DI KOTA SEMARANG

DISUSUN OLEH :

NAMA            : REZA NOOR JUNIAR FIRDAUS

NOTAR          : 19.02.307

KELAS           : MTJ 2.8

 

POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA

STTD

2020

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Laporan yang SURVEY SIMPANG DAN RUAS JALAN DI KOTA SEMARANGini tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Karakteristik dan Survey Lalu Lintas. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang Tranportasi bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Yuanda Patria Tama, S.SiT, M.SC. Selaku dosen mata kuliah Karakteristik dan Survey Lalu Lintas yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak dan narasumber-narasumer  yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini.

Saya menyadari, Laporan yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.                   

 

 

Semarang, 24 Oktober 2020

 

                                                                                                                        Surveyor

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Transportasi semakin berkembang pesat mengingat semakin banyaknya minat masyarakat terhadap transportasi.Sarana dan prasarana adalah dua hal yang saling berkaitan dengan transportasi, semakin berkembangnya sarana transportasi mempengaruhi prasarana yang tersedia.

Transportasi digunakan untuk memudahkanmanusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Transportasi membuat hidup manusia lebih produktif karena dapat memobilisasi manusia dari satu tempat ke tempat yang lain dengansarana dan prasarananya yang ada.

Kinerja lalu lintas tidak lepas dari kondisi prasarana jalan dan kelengkapannya, dengan demikian dalam upaya pengaturan arus lalu lintas diperlukan data mengenai kondisi prasarana jalan beserta kelengkapannya yang ada di lapangan, karena semua usulan peningkatan sistem transportasi harus dimulai dengan melihat situasi jalan yang ada.

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang mendorong mobilitas pergerakan penduduk menimbulkan masalah baru, dengan bertambahnya jumlah perjalanan penduduk akan mempengaruhi volume lalu lintas pada suatu jaringan jalan dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kinerja persimpangan.

Lalu lintas pada masing-masing kaki persimpangan menggunakan ruang jalan. Pada persimpangan secara bersama-sama dengan lalulintas lainnya. Persimpangan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu jaringan jalan,khususnya pada daerah perkotaan.

Selain itu, bangunan-bangunan yang ada di sisi jalan juga turut mempengaruhi lalu lintas di jalan tersebut. Di samping lebar jalan dan kegiatan lain di sekitar jalan tersebut. Oleh karena itu, daerah pinggir jalan juga perlu untuk di perhatikan mengingat pengaruhnya yang sangat besar terhadap kinerja jalan.

 

 

1.2 MAKSUD DAN TUJUAN

Survey inventarisasi ruas dan simpang dilaksanakan untuk mengetahui :

1.     Inventaris Fasilitas Jalan yang meliputi rambu, marka, lampu penerangan jalan dan fasilitas lainnya baik di persimpangan maupun di ruas jalan.

2.     Sebagai perencanaan pemasangan dan perawatan fasilitas Lalu lintas

3.     Untuk mengetahui tata guna lahan di sekitar simpang dan ruas yang diamati

4.     Untuk mengetahui hambatan yang terjadi di jalan raya, khususnya di simpang yang sering kali menimbulkan kemacetan

5.     Hasil pengumpulan data ini merupakan data masukan untuk pelaksanaan manajemen dan rekayasa lalu lintas di ruas jalan.

6.     Untuk mengetahui penampang melintang jalan dengan mengamatinya secara langsung dan juga kapasitas jalan dan persimpangan yang telah di lakukan survey.

7.     Untuk mengetahui geometrik dan peta ruang jalan

 

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah:

1.     Untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dibangku perkuliahan pada kondisi jalan yang sebenarnya.

2.     Untuk memenuhi tugas mata kuliah Karakteristik dan Survey Lalu Lintas.


 

1.3 RUANG LINGKUP

Karena keterbatasan waktu dan tenaga pada saat pelaksanaan survey, maka dalam laporan ini Saya membatasi ruang lingkup wilayah survey dan juga pengambilan data. Adapun ruang lingkupnya adalah :

Ø  Untuk survey inventarisasi ruas dan simpang ini, saya mengambil tempat di simpang Jalan Cokroaminoto dan Jalan Dr. Sutomo dekat Pasar Kembang di daerah Kalisari, Semarang serta di ruas Jalan Veteran

Ø  Untuk survey inventarisasi ruas dan simpang ini saya mengumpulkan data langsung di lapangan serta mengamati penggunaan lahan disekitar ruas  dan simpang jalan dengan mengambil jarak 30 meter dari kaki simpang.

 

1.4 METODE PENELITIAN

Metode dari survey inventarisasi ruas dan simpang ini dilakukan oleh surveyor yang bertugas mendata sarana dan prasana serta mengukur set apapun yang berada di ruas jalan dan sekitar simpang yang telah ditentukan. Dalam pencatatan tersebut,yang harus didata, diukur dan diamati adalah:

a.     Surveyor mendata semua aset jalan dan perlengkapan jalan yang ada (seperti ruas jalan, median, informasi lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas, sistem drainase, dll).

b.     Surveyor juga mendata tata guna lahan di pinggir jalan, geometrik jalan dengan mendata simpang, kondisi ruas jalan dan persimpangan pada saat itu.

c.     Mendata peta ruang jalan dan juga hambatan samping.

d.     Survai dilakukan dengan cara menyusuri jalan-jalan yang telah ditentukan.

e.     Survai dilakukan dengan cara melakukan pengukuran sarana, prasarana, perlengkapan lalu lintas, dan fasilitas angkutan umum yang berada di sekitar daerah studi.


 

1.5  SISTEMATIKA PENULISAN

 

Tujuan dari pembuatan sistematika penulisan ini adalah untuk mempermudah dalam penyusunan dan pemahaman dari isi ataupun tataletak tiap bab pada laporan hasil survey ini. Adapun penyajian laporan ini kami memakai sistematika penulisan sebagai berikut :

 

BAB I  : PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Maksud dan Tujuan

1.3 Ruang Lingkup

1.4 Metode Survey

1.5 Sistematika Penulisan Laporan

BAB II            : LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN SURVEY

2.1 Peta Lokasi

2.2 Pembuatan Formulir

2.3 Pelaksanaan Survey

BAB III           : METODE DAN  PELAKSANAAN SURVEY

3.1    Metode Pengambilan Data

3.2    Persiapan

3.3    Peralatan yang Digunakan

3.4    Hasil yang Diharapkan

BAB IV           : HASIL PELAKSANAAN SURVEY

4.1    Ruas

4.2    Simpang

                       


 

BAB IV           : ANALISIS DATA

5.1  Ruas

5.2  Simpang

BAB V             : PENUTUP

5.1 Kesimpulan

5.2 Saran

BAB IV           : LAMPIRAN DOKUMENTASI SURVEY

 

 

 


 

BAB II

LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN SURVAI

 

2.1 PETA LOKASI

 

            Peta dibutuhkan untukmemudahkan kita mengetahui lokasi yang akan kita survey. Hal ini bertujuan agar dapat ditentukan langsung dimana titik-titik Survai berada existing sekitar daerah tersebut.

2.2  PEMBUATAN FORMULIR

 

Pembuatan formulir dilaksanakan untuk memudahkan kita mencatat data primer yang kita dapat dari survai yang akan kita lakukan secara langsung.Pembuatan formulir di kordinir oleh masing-masing surveyor untuk mencatat hasil pengamatan dan pengukuran pada saat survai.

2.3  PELAKSANAAN SURVAI

Ø  Hari                                         : Rabu

Tanggal                                   : 7 Oktober 2020

Lokasi                                     : Ruas Jalan veteran

Dosen                                      : Yuanda Patria Tama, S.SiT, M.SC

Surveyor                                 : Reza Noor Juniar Firdaus

 

Ø  Hari                                         : Kamis

Tanggal                                   : 8 Oktober 2020

Lokasi                                    : Persimpangan Jl. Cokroaminoto dan Jl. Dr Sutomo

Dosen                                      : Yuanda Patria Tama, S.SiT, M.SC

Surveyor                                 : Reza Noor Juniar Firdaus

 

 

 


 

BAB III

TARGET DAN METODE PELAKSANAAN SURVAI

 

3.1  METODE PENGAMBILAN DATA

Dalam survai inventarisasi ruas dan persimpangan jalan ini, saya melakukan tahap-tahap sebagai berikut :

·     Data Primer

1.   Pengumpulan data primer

Pengumpulan data secara primer yang didapatkan dari hasil survey lapangan secara langsung dengan metode pengukuran dan pengamatan secara langsung yang dilakukan pada simpang dan ruas Jalan Cokroaminoto dan Jl. Dr. Sutomo serta Jalan Veteran

2.   Komputerisasi Data

Pada tahap ini data primer yang di dapatkan dari survey secara langsung  di lapangan akan di olah dan dimasukkan ke dalam komputer.

3.   Analisis data

            Tahap akhir dari pengerjaan laporan ini adalah analisis data dimana data-data primer yang telah dikumpulkan dan dikompilasi akan dianalisis sedemikian rupa sehingga laporan ini dapat disajikan dengan baik.

 

3.2  PERSIAPAN

Dalam  tahap persiapan sebelum melaksanakan survey di lakukan breafing antara rekan taruna yang berada 1 kota yang sama , dan dosen bidang studi Karateristik dan survey lalu lintas. Sebelum pelaksanaan Survei, dilakukan Survei pendahuluan terlebih dahulu untuk menentukan daerah-daerah yang akan disurvei.


 

3.3  PERALATAN YANG DIGUNAKAN

Untuk mendukung pelaksanaan survey agar dalam pelaksanaannya mendapatkan hasil dan data yang memuaskan, maka perlengkapan yang harus dibawa yaitu sebagai berikut.

1. Alat-alat tulis (pensil, dan lain-lain);

2. Clip  board

3. Formulir survai

4. Kamera Handphone

 

3.4  HASIL YANG DI HARAPKAN

 

Hasil yang diharapkan dalam survey ini adalah sebagai berikut:

Ø  Untuk memperoleh data inventaris pada lokasi survey yaitu pada persimpangan  Jalan Cokroaminoto dan Jalan Dr. Sutomo dekat Pasar Kembang di daerah Kalisari, Semarang serta di ruas Jalan Veteran, mengetahui fungsi tata guna lahan pada lokasi survey inventaris dan ukuran kapasitas jalan dan persimpangan pada lokasi survey.


 

BAB IV

HASIL PELAKSANAAN SURVAI

 

           

Dari survai yang saya lakukan diperoleh data sebagai berikut.

 

4.1 Ruas

 

 

 

 

4.2 Simpang

 

 

 

BAB V

ANALISIS DATA

 

 

 

5.1 RUAS

 

·     Nama jalan                              : Jalan Veteran

Panjang jalan                          : 1.107 m

Jenis konstruksi                       : dengan perkerasan aspal

Tipe jalan                                : Jalan Arteri Kota

Lebar jalaan total                   : 11m

Model arus                              : 2 arah

Lajur                                        : 2

Jalur                                        : 2

Undivided (tidak ada pembagi)

Fasilitas pejalan kaki              :  Trotoar

Permukaan jalan                     : Permukaan jalan terbuat dari aspal

Lebar ruas jalan kanan            : 5 m

Lebar ruas jalan kiri                : 5 m

Lebar jalur efektif                   : 10 m

Lebar median                          : -

Lebar trotoar kanan                 : 2 m

Lebar trotoar kiri                     : 4 m

Lebar drainase kiri                  : 4

Lebar drainase kanan              : 2

Jarak antar lampu                    : 30 m

Lebar bahu/kereb jalan kanan : 0,5 m

Lebar bahu/kereb jalan kiri     : 0,5 m

 


 

·       Analisa Kapasitas

C = Co x FCw x FCsp x FCsf x FCcs (smp/jam)

C = 2900 x 1,29 x 1 x 0,90 x 1

C = 3.366,9 smp/jam

 

5.2 SIMPANG

·       Nama Simpang                             : Simpang Jl. Dr. Sutomo dan Jl. Cokroaminoto

Tipe Simpang                               : 312

Tipe Pengendalian                        : ATCS

Kondisi APILL                             : Baik

Fase                                               : 3 Fase

Arah                                              : Jl. Dr.Sutomo (Kariadi)

Lebar Efektif Simpang (m)           : 15

Lebar Lajur Keluar (m)                : 7,5

Lebar Lajur Masuk (m)                : 7,5

Lebar Median (m)                         : -

Lebar Bahu/Kereb Kanan (m)      : 0,4

Lebar Bahu/Kereb Kiri (m)          : 0,4

Lebar Parkir (m)                           : 2,5

Lebar Belok Kiri Langsung (m)   : -

Lebar Trotoar Kiri (m)                 : 3

Lebar Trotoar Kanan (m)             : 8,5

Lebar Drainase Kiri (m)               : 3

Lebar Drainase Kanan (m)           : 8,5

 


 

·       Nama Simpang                                   : Simpang Jl. Dr. Sutomo dan Jl. Cokroaminoto

Tipe Simpang                                     : 312

Tipe Pengendalian                              : ATCS

Kondisi APILL                                   : Baik

Fase                                                     : 3 Fase

Arah                                                    : Jl. Dr.Sutomo (Tugu Muda)

Lebar Efektif Simpang (m)                 : 15

Lebar Lajur Keluar (m)                      : 7,5

Lebar Lajur Masuk (m)                      : 7,5

Lebar Median (m)                               : -

Lebar Bahu/Kereb Kanan (m)            : 0,4

Lebar Bahu/Kereb Kiri (m)                : 0,4

Lebar Parkir (m)                                 : 2,5

Lebar Belok Kiri Langsung (m)         : -

Lebar Trotoar Kiri (m)                       : 8,5

Lebar Trotoar Kanan (m)                   : 3

Lebar Drainase Kiri (m)                     : 8,5

Lebar Drainase Kanan (m)                 : 3

 


 

·       Nama Simpang                                   : Simpang Jl. Dr. Sutomo dan Jl. Cokroaminoto

Tipe Simpang                                     : 312

Tipe Pengendalian                              : ATCS

Kondisi APILL                                   : Baik

Fase                                                     : 3 Fase

Arah                                                    : Jl. Cokroaminoto

Lebar Efektif Simpang (m)                 : 13

Lebar Lajur Keluar (m)                      : 6,5

Lebar Lajur Masuk (m)                      : 6,5

Lebar Median (m)                               : -

Lebar Bahu/Kereb Kanan (m)            : 0,4

Lebar Bahu/Kereb Kiri (m)                : 0,4

Lebar Parkir (m)                                 : 2,5

Lebar Belok Kiri Langsung (m)         : -

Lebar Trotoar Kiri (m)                       : 4

Lebar Trotoar Kanan (m)                   : 2

Lebar Drainase Kiri (m)                     : 4

Lebar Drainase Kanan (m)                 : 2


 

·       Penentuan Arus Jenuh Dasar

Dikarenakan simpang tersebut memiliki 3 fase apill yang berakibat arus/pendekat yang berangkat tidak terjadi konflik deengan lalu lintas dari arah yang berlawanan maka menggunakan tipe arus jenuh dasar terlindung

 

 

 

1.     Kaki simpang Jl. Dr. Sutomo (Kariadi)

Sn = 600 x 7,5 = 4.500 smp/jam

2.     Kaki Simpang Jl Dr. Sutomo (Tugu Muda)

Sn = 600 x 7,5 = 4.500 smp/ jam

3.     Kaki Simpang Jl. Cokroaminoto

Sn = 600 x 6,5 = 3.900 smp/jam


 

BAB VI

PENUTUP

 

6.1 KESIMPULAN

Pada simpang yang telah saya survei dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

§  Simpang tersebut merupakan simpang APILL. Kelengkapan rambu maupun kondisi APILL dalam keadaan baik sehingga arus lalu lintas pada simpang tersebut dapat terkendali dengan baik.

§  Kondisi jalan pada simpang tersebut juga dalam kondisi baik, hanya terdapat sedikit titik lubang pada jalan Dr. Sutomo yang tidak terlalu mempengaruhi arus lalu lintas.

§  Di sekitar simpang ini didominasi oleh toko toko yang mengakibatkan tata guna lahan disini cukup padat dan menjadi daerah tarikan bagi daerah sekitarnya.

§  Lebar jalan efektif berkurang karena adanya beberapa mobil yang parkir di dekat simpang tersebut.

 

6.2 SARAN

           Berdasarkan kesimpulan tersebut, ada beberapa saran yang diharapkan bisa dilakukan kedepannya.

-       Jalan yang berlubang harus segera diatasi karena  dapat menimbulkan beberapa macam kecelakaan yang ringan maupun berat

-       Fasilitas rambu harus di lengkapi lagi dan marka jalan juga harus di perbaharui dengan pengecatan ulang sehingga mampu berfungsi baik.


 

BAB VII

LAMPIRAN DOKUMENTASI SURVEY

 

 

`     

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Kisi-kisi TKP SKD CPNS/Sekolah Kedinasan

  Materi dalam proses Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil maupun Sekolah Kedinasan adalah : 1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),...

Postingan