Salah satu rangkaian seleksi sekolah kedinasan adalah seleksi kompetensi dasar (SKD). Sistem seleksi ini menggunakan sistem berbasis CAT (Computer Assisted Test) yang diadakan oleh BKN pusat. Pada tahapan ini banyak peserta yang gugur alias gagal melaju ke tahapan berikutnya. Hal ini dikarenakan SKD menggunakan nilai ambang batas tertentu untuk bisa lolos. Namun, lolos ambang batas tidak menjamin lolos ke tahapan berikutnya, akan ada perankingan dari jumlah peserta yang lolos SKD.
Ada tiga jenis tes yang nanti akan diujikan pada SKD sekolah kedinasan yaitu , Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 butir soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) sebanyak 30 butir soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 butir soal. Adapun nilai ambang batas SKD harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi yaitu,
- Nilai ambang batas SKD CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yakni 65.
- Nilai ambang batas SKD CPNS Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yakni 126.
- Nilai ambang batas SKD CPNS Tes Intelegensia Umum (TIU) yakni 80.
Nah, pada post kali ini,Tes wawasan Kebangsaan (TWK) untuk dijadikan bahan latihan menghadapi SKD sekolah kedinasan yang akan berlangsung beberapa saat lagi. Terdiri dari 35 butir soal dengan pemetaan materi tes wawasan kebangsaan semoga menambah referensi dan bahan latihan.Nilai ambang batas SKD CPNS Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yakni 126.
Tes wawasan Kebangsaan (TWK)
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
- Pancasila;
- Undang-Undang Dasar 1945;
- Bhineka Tunggal Ika;
- Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).
Oke, langsung saja, berikut latihan soalnya,
=========================================================================================
Seri latihan Soal SKD Sekolah Kedinasan : Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Hal ini sesuai dengan kedudukan Pancasila sebagai....
A. perjanjian luhur bangsa
B. pandangan hidup bangsa
C. pedoman bangsa Indonesia
D. dasar negara
E. jiwa dan kepribadian bangsa
2. Salah satu contoh pengamalan sila pertama Pancasila adalah ....
A. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
B. menjalankan perintah Tuhan sesuai dengan agama yang dianut
C. mengembangkan musyawarah untuk mufakat
D. Memperlakukan secara adil dalam bidang hukum, ekonomi, kebudayaan dan sosial
E. memahami konsep nilai kemanusiaan yang lengkap, adil dan bermutu tinggi
3. Memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa merupakan wujud sikap yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
4. Pancasila merupakan sikap mental dan tingkah laku bangsa Indonesia yang berciri khas, hal tersebut merupakan penjabaran kedudukan Pancasila sebagai ....
A. Dasar negara
B. Cita- cita bangsa
C. Kepribadian bangsa Indonesia
D. Cara hidup bangsa Indonesia
E. Ideologi negara
5. Asal usul Pancasila menurut causa Formalis berarti ....
A. Pancasila berasal dari bangsa Indonesia sendiri
B. Ideologi Pancasila merupakan gabungan dari ideologi bangsa di dunia
C. Rumusan Pancasila dibentuk sebagaimana yang terdapat pada pembukaan UUD 1945
D. Dasar negara Pancasila ang sah dibentuk dari calon dasar negara
E. Pancasila terdapat pada adat kebiasaan, kebudayaan, dan agama bangsa Indonesia itu sendiri.
6. Cita- cita mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata baik materiil maupun spiritual menjadikan Pancasila sebagai ....
A. Dasar negara
B. Sumber hukum
C. Cita- cita dan tujuan negara
D. Falsafah hidup
E. Pandangan hidup
7. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara republik Indonesia sejak ....
A. 1 Juni 1945
B. 14 Agustus 1945
C. 16 Agustus 1945
D. 17 Agustus 1945
E. 18 Agustus 1945
8. Kebebasan beragama diartikan sebagai kebebasan yang bersumber pada martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Hal ini dijamin oleh pemerintah melalui ....
A. Pasal 29 ayat (1) UUD 1945
B. Pasal 29 ayat (2) UUD 1945
C. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945
D. Pasal 31 ayat (1) UUD 1945
E. Pasal 31 ayat (2) UUD 1945
9. Tujuan yang paling tepat dilakukannya Amandemen UUD adalah ....
A. Mengubah pembukaan UUD 1945
B. Menyempurnakan berbagai aturan sesuai dengan perkembangan aspirasi dan kebutuhan bangsa
C. Mempertahankan tradisi dan budaya bangsa
D. Merevisi kesalahan- kesalahan aturan dalam UUD 1945
E. Mengubah semua aturan yang berlaku dengan aturan yang baru dan lebih update
10. Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah karena alasan yuridis, karena ....
A. pembukaan UUD 1945 merupakan pokok kaidah negara yang fundamental
B. merupakan suatu ketetapan yang turun temurun
C. pembukaan UUD 1945 melekat erat dengan terbentuknya negara
D. berhubungan dengan nasib warga negara
E. merupakan ketetapan para pendiri bangsa
11. Berikut ini merupakan wujud sikap menjunjung tinggi nilai persatuan Indonesia adalah ....
A. tidak memaksakan agama atau kepercayaannya kepada orang lain
B. memperlakukan setiap orang sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhlk Tuhan yang Maha Esa
C. selalu mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau golongan
D. mengembangkan sikap gotong royong dan kekeluargaan dengan lingkungan masyarakatnya
E. mengutamakan musyawarah mufakat dalam setiap pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama.
12. Pusat Tenaga Rakyat atau Putera adalah organisasi yang dibentuk pemerintah Jepang di Indonesia pada 16 April 1943 dan dipimpin oleh Empat Serangkai, kecuali...
A. Ir.Soekarno
B. Dr. Cipto Mangunkusumo
C. M.Hatta
D. Ki Hajar Dewantoro
E. H.O.S Tjokroaminoto
13. Suatu batas laut yang ditarik dari sebuah garis dasar dengan jarak 12 mil ke arah laut disebut batas ...
A. Landas kontinen
B. Zona Ekonomi Ekslusif
C. Laut Teritorial
D. Daerah Pabean
E. Batas kedaulatan
14. Bentuk negara Indonesia sebagai NKRI diatur pada Pasal .... UUD 1945.
A. Pasal 1 ayat (1)
B. Pasal 1 ayat (2)
C. Pasal 1 ayat (3)
D. Pasal 2 ayat (1)
E. Pasal 2 ayat (2)
15. Unsur-unsur adanya Negara adalah ....
A. Rakyat, kepala negara, UUD
B. Wilayah, UUD, rakyat
C. Penduduk, kedaulatan, pengakuan luar negeri
D. Rakyat, wilayah, pengakuan luar negeri
E. Rakyat, wilayah, pemerintahan yang berdaulat
16. Negara merupakan organisasi kekuasaan yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa, oleh karena itu harus ....
A. Memberikan pelayanan terbaik
B. Memperhatikan kesempatan berusaha
C. Memajukan kesejahteraan umum
D. Mengutamakan pembangunan ekonomi
E. Melestarikan kehidupan setiap suku
17. UUD 1945 (sebelum amandemen) mengandung pasal- pasal yang terlalu fleksibel sehingga ....
A. sulit dipahami
B. mendorong berkembangnya korupsi
C. mudah ditafsirkan
D. menjadikan multitafsir (leih dari satu tafsir)
E. mendorong perpecahan
18. Sesuai dengan ketentuan UUD 1945, setelah diamandemen anggota MPR terdiri atas ....
A. Presiden dan menteri
B. anggota partai politik
C. DPR dan presiden
D. DPR dan DPD
E. DPR dan Presiden
19. Contoh perilaku yang tepat terhadap UUD 1945 hasil amandemen yaitu ....
A. melaksanakan UUD 1945 dalam kehidupan sehari- hari
B. cukup mensosialisasikan nilai- nilai UUD 1945 kepada rekan sejawat
C. membandingkan naskah UUD 1945 dengan UUD negara lain
D. melaksanakan nilai- nilai UUD 1945 di dalam kehidupan sehari- hari
E. cukup mempelajari nilai- nilai UUD 1945 di dalam kehidupan sehari- hari
20. Peristiwa yang melatarbelakangi dibentuknya Pemerintah darurat Republik Indonesia di Bukittinggi adalah ....
A. Agresi militer Belanda I
B. Agresi Militer Belanda II
C. Perjanjian Renville
D. Perjanjian Roem Royen
E. Konfferensi Meja Bundar
21. Di bawah ini yang bukan merupakan batas- batas keterbukaan ideologi Pancasila adalah .... (TWK/ Sipencatar STMKG 2013)
A. Larangan terhadap ideologi komunis
B. Penciptaan norma baru tanpa harus melalui konsensus
C. Mencegah berkembangnya paham liberal
D. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan masyarakat
E. Stabilitas nasional yang dinamis
22. Pancasila merupakan pedoman yang bisa dilakukan oleh manusia biasa. Hal ini merupakan ....
A. hubungan wajar yang tibal balik
B. Pelaksanaan yang manusiawi
C. Petunjuk perilaku manusia pada umumnya
D. Penuntun sikap dan tingkah laku manusia Indonesia
E. Kodrat manusia Indonesia
23. Pancasila merupakan kesepakatan nasional bangsa baik sebelum maupun sesudah proklamasi. Hal ini merupakan fungsi dan peranan Pancasila sebagai ....
A. Kepribadian bangsa
B. Sumber dari segala sumber hukum
C. Dasar negara
D. Perjanjian luhur
E. Pandangan hidup
24. Dalam demokrasi Pancasila sudah sewajarnya pemerintah memffokuskan perhatiannya pada ....
A. kepentingan rakyat banyak dalam mencapai kemakmuran yang merata
B. membuka lapangan kerja baru bagi pengusaha yang berprestasi
C. penanggulangan kemiskinan di tengah masyarakat
D. bahwa setiap orang memiliki perbedaan kepentingan dan kebutuhan
E. memelihara ketenangan dan keamanan dalam masyarakat
25. Pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 dilihat dari proses terjadinya merupakan ....
A. perjanjian luhur bangsa Indonesia
B. kepribadian bangsa Indonesia
C. falsafat hidup bangsa Indonesia
D. pandangan hidup bangsa Indonesia
E. pedoman hidup bangsa Indonesia
26. Prinsip dasar pemikiran tentang hak asasi manusia yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 adalah ....
A. Setiap orang bersamaan kedudukannya dalam bidang hukum
B. Pernyataan kemerdekaan itu adalah hak bangsa Indonesia
C. Mencari penghidupan yang layak adalah suatu kewajiban
D. Seseorang tidak dapat dikatakan bersalah apabila belum dibuktikan di pengadilan
E. Pernyataan pendapat yang berbeda dengan orang lain adalah suatu kewajaran
27. Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia merupakan ....
A. keyakinan yang memiliki kebenaran
B. Sikap mental, tingkah laku dan amal
C. Penunjuk, penuntun dan pegangan sikap
D. Pandangan hidup
E. B dan C benar
28. Pasal 29 UUD 1945 ayat (2) menyatakan negara menjamin kemerdekaan tiap- tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing- masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu. Oleh karena itu, kebebasan beragama diartikan sebagai ....
A. kebebasan untuk menentukan dan memilih agama yang dianut serta berpindah pindah keyakinan
B. kebebasan melakukan penyembahan dan membentuk aliran kepercayaan yang baru
C. kebebasan yang bersumber pada martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan
D. kebebasan untuk menjalankan ibadah agama dimana dan kapan saja
E. kebebasan untuk memeluk atau tidak memeluk agama yang tidak resmi
29. Keanekaragaman suku bangsa dalam negara hendaknya diarahkan untuk ....
A. menjaga kelestariannya
B. menciptakan kerukunan hidup menuju masyarakat adil dan makmur
C. mencuptakan persaudaraan menuju pada persamaan bahasa dan adat
D. menciptakan suatu kestabilan dalam mempertahankan negara
E. menciptakan kekuatan guna kepentingan nasional
30. Sesuai dengan amandemen UUD 1945 pasal 1 menyebutkan bahwa MPR tidak lagi melakukan sepenuhnya kedaulatan rakyat karena ....
A. kedaulatan berada di tangan konstitusi
B. kedaulatan beradda di tangan rakyat
C. Presiden adalah mandataris MPR
D. kedaulatan berada di tangan legislatif
E. kedaulatan sepenuhnya dilakukan melalui pilpres langsung
31. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika mengandung makna bahwa ....
A. Keberadaan dan keanekaragaman tidak menghalangi persatuan
B. Bangsa Indonesia memiliki keberagaman sebagai kekayaan
C. Adanya bermacam suku dan addat sitiaddat merupakan hal yang wajar
D. Ciri kedaerahan tidak boleh ada dalam kehidupan bermasyarakat
E. Sikap kesukuan merupakan hal yang utama
32. Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara bersifat dinamis, artinya pemahaman terhadap nilai- nilai Pancasila dapat diaktualisasikan dengan perkembangan jaman, sebab ....
A. Pancasila merupakan ideologi tertutup
B. Pancasila merupakan perpaduan ideologi
C. Pancasila merupakan ideologi terbuka
D. Pancasila merupakan landasan etika birokrasi
E. Pancasila merupakan pandangan ideologi setiap partai politik
33. Sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain di dunia merupakan penjabaran Pancasila sila ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima
34. Konsep Pancasila tentang hubungan antara manusia dan masyarakatnya yang selaras, serasi dan seimbang. Hal ini mengandung maksud bahwa setiap warga negara harus ....
A. mengutamakan kepentingan umum, akan tetapi tetap mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan
B. mementingkan kepentingan umum dan menghilangkan kepentingan pribadi dan golongan
C. Menyamaratakan antara kepentingan umum dan kepentingan golongan
D. meletakkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan golongan
E. mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan dengan menghilangkan kepentingan umum
35. Hasil kerjasama dan hubungan antara sesama negara ASEAN adalah ....
A. pertahanan keamanan yang kuat
B. makin berkembangnya pembangunan
C. kawasan yang tertata lingkungannya
D. batas regional yang jelas
E. stabilitas regional yang selaras
=============================================================================================
Demikian Latihan Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan 2020 - 2021 : Materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Untuk tes TIU dan TKP akan kami rilis secepatnya.
Semoga Bermanfaat...
Semoga Bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar