Selasa, 12 Mei 2020

Pendaftaran Sipencatar Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

Sejak tahun 2019 Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) berubah menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD. Perubahan ini diperlukan sebagai upaya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang perhubungan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.
STTD itu Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau sekarang namanya PTDI-STTD. Sekolah dibawah naungan kementerian perhubungan yang berbasis transportasi darat. Jadi, khusus transportasi darat sekolahnya di sttd. Di sttd ada sekarang ada 4jurusan (dulu 5) 
Program Studi Politeknik STTD terdiri atas:
a. D IV Transportasi Darat
b. D III Manajemen Transportasi Jalan
c. D III Manajemen Transportasi Perkeretaapian
Biaya pendidikan di Politeknik STTD erat hubungannya dengan jalur masuk para taruna/taruni yang menempuh pendidikan di STTD. Jalur penerimaan taruna/taruni Politeknik STTD terbagi menjadi 2 jalur penerimaan yakni: Pola Pembibitan dan Jalur Reguler.
Biaya pendidikan Pola Pembibitan hanya dikenakan biaya yang bersifat akademik (biaya SPP atau Semester, biaya Masa Dasar Pembentukan Karakter) ditanggung pemerintah.
Sedangkan biaya non akademik (biaya penunjang akademik, biaya permakanan, biaya kegiatan ketarunaan, wisuda, dll) menjadi tanggungan Calon Taruna/Taruni sesuai dengan ketentuan Perundangan yang berlaku pada masing-masing sekolah kedinasan.
Untuk 2 tahun kebelakang Kuota PTDI STTD FULL POLBIT

Pola Pembibitan

Pola pembibitan ini sama dengan ikatan dinas, peserta pendidikan Pola Pembibitan nantinya setelah menyelesaikan masa pendidikan, dapat diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara. Tahapan seleksi akan dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara dengan diselenggarakan Tes Kompetesi Dasar (TKD) dan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) seperti pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online, nantinya seluruh informasi kelulusan dan melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya juga dilakukan secara online melalui situs sscasn.bkn.go.id dan sipencatar.dephub.go.id
Sipencatar Pola Pembibitan terbagi atas dua kategori yaitu Pola Pembibitan Kemenhub dan Pola Pembibitan Daerah. Program Studi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah hanya dilaksanakan oleh Politeknik STTD aka Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).
Program StudiPersyaratan Ijazah Kelulusan /JurusanFormasi
a. D-IV TRANSDAR (Transportasi Darat)SMA/MA IPA, PAKET C (IPA), SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.Pemda: 336, Kemenhub: 96
b. D-III LLAJ (Lalu Lintas Angkutan Jalan)SMA/MA IPA, PAKET C (IPA), SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik T elekomunikasi.Pemda: 288, Kemenhub: 96
Jenis Program studi yang dibuka untuk Pola Pembibitan setiap tahun tidak selalu sama, tergantung dari usulan Kemenhub serta persetujuan dari Kemen PAN dan RB.
Biaya Pendidikan Pola Pembibitan STTD
Keterangan:
  1. Biaya penunjang akademik dibayarkan satu kali di awal pendidikan;
  2. Biaya penunjang akademik yang menggunakan batas bawah dan batas atas ditentukan berdasarkan lokasi kampus pendidikan dan/ atau berdasarkan kebutuhan pendidikan;
  3. Biaya permakanan dibayarkan tiap bulan;
  4. Biaya dapat berubah sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku.
Biaya pendaftaran Pola Pembibitan Politeknik STTD sebesar Rp 150.000 ditambah biaya mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar yang diadakan BKN sejumlah Rp 50.000. Jika calon taruna/i masih berlanjut ke tahap selanjutnya dikenakan lagi biaya tes keshatan, kesamaptaan dengan daftar sebagai berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Kisi-kisi TKP SKD CPNS/Sekolah Kedinasan

  Materi dalam proses Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil maupun Sekolah Kedinasan adalah : 1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),...

Postingan